Kotbah

Seri Khotbah yang Hebat: Ibadah Khusus

Tuesday, 04 November 2014 01:51 Daniel Ronda

Catatan Pendek DR: “Khotbah yang Hebat – Ibadah Khusus (11)” –ibadahSeringkali khotbah tidak hanya pada ibadah di gereja, tapi juga ada ibadah-ibadah khusus di rumah atau di tempat lain seperti ibadah syukuran, pernikahan, termasuk kematian. Bagaimana menyiapkan khotbah di tempat seperti ini di mana suasananya adalah lebih kepada perayaan atau sebaliknya kesedihan dan rata-rata tidak bawa Alkitab? Kalaupun ada smartphone yang berisi Alkitab, orang malas membukanya. Tentu suasananya berbeda dengan acara formal di ibadah Minggu. Ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan ketika berkhotbah untuk acara-acara yang bersifat khusus:

Read more...
 

Seri Khotbah yang Hebat: Gerakan Tubuh

Tuesday, 04 November 2014 01:46 Daniel Ronda

bodyCatatan Pendek DR: “Khotbah yang hebat - Gerakan Tubuh (10)”

Dalam berkhotbah maka sangat tidak menarik bila pengkhotbah hanya berdiri dan bicara saja bak patung bicara. Tentu ini akan membuat pendengar bosan apalagi jika membaca teks khotbah. Memang tiap denominasi gereja memiliki tradisi dalam menggerakkan badan dalam berkhotbah. Ada pengkhotbah yang melakukan pendekatan yang serius, agung dan tidak senyum dan jika ada gerakan tangan itu bersifat penyembahan. Tapi ada juga yang tangannya cukup ekspresif bergerak bahkan ada yang berjalan-jalan keliling mimbar selama berkhotbah. Jadi tradisi itu nampak dalam masing-masing denominasi gereja. Tentu saya harus menghormati tradisi yang ada, namun alangkah baiknya kita memerhatikan beberapa prinsip tentang gerakan tubuh yang kiranya bisa dimodifikasi waktu berkhotbah sesuai tradisi gereja kita.

Read more...
 

Humor dalam Kotbah

Monday, 03 March 2014 00:38 Daniel Ronda

by Daniel Ronda

laughDi suatu bulan Desember ini saya ditelepon seorang panitia Natal untuk berkotbah di gerejanya. Setelah saya menyetujui karena memang belum ada jadwal, maka panitia menitip pesan kepada saya agar dalam kotbah agar banyak diberikan humor. Berkali-kali dalam telepon itu dia menekankan agar saya melucu. Saya mengiyakan, namun hal ini membuat saya bertanya-tanya, apakah dia memerlukan pengkotbah atau pelawak? Bagaimana sebenarnya kedudukan humor dalam kotbah?

Read more...
 

Perspektif Maria (Lukas 10:38-42 dan Maz 46)

Wednesday, 12 February 2014 14:07 Daniel Ronda

Ringkasan Kotbah Daniel Ronda

mariaTeks: Lukas 10:38-42 dan Maz 46

Pendahuluan:

Hari ini manusia sangat sibuk. Masih adakah waktu untuk Tuhan? Bahaya kesibukan ini jelas, bahwa tidak ada waktu untuk Tuhan sehingga kepekaan Tuhan tidak ada dan tanpa sadar falsafah dunia mulai masuk secara perlahan. Maka tidak heran kekristenan menjadi dangkal dan tidak mengalami kebahagiaan.

Kisah Maria dan Marta adalah sebuah cerita, tetapi memiliki nilai teologis yang dalam. Marta dihargai, namun Maria diapresiasi karena komitmen untuk duduk di kaki Yesus. Ini pelajaran apa? Ini adalah soal intimasi dengan Tuhan.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Events

mengundang

agenda

Statistik Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
Today: Dec 19, 2014

Twitter


Ads on: Special HTML

Alamat

Dr. Daniel Ronda
08124222711 / 0411-5744185
Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
Sulawesi Selatan Indonesia

Follow me on:

facebook-icon Facebook
twitter-icon Twitter
skype-icon Skype (danielronda67)

Disclaimer

Untuk penggunaan materi di website ini, mohon izin ke penulis via email dan sms HP