Kepemimpinan

Kata Bijak Ronny O.B. Worang (Kepemimpinan) 1

Tuesday, 11 December 2012 07:19 Daniel Ronda

Ronny O.B. Worang adalah Leadership Trainer yang berdomisili di Manado, Sulut. Ia juga sahabat dan alumnus STT Jaffray Makassar. Jika mau mengundangnya dapat menghubungi dia di 0852 9822 7777.

Kata Bijak Ronny O.B. Worang saya kumpulkan di mana beliau tiap hari mengirimkan kata bijak itu via bbm. Atas seizinnya, saya masukkan di situs saya.

* Tuhan memiliki peta kesuksesan yang lebih lengkap dari peta kesuksesan rancangan kita sendiri. DIA membuat peta kita lebih detail: ada lokasi penghambat namun ada pula lokasi potensi diri dan pendorong. Belajarlah agar kita bisa melihat peta kesuksesan secara utuh dan belajar pula ikut semua petunjuk dalam peta Tuhan tersebut. Karena peta itu dibuat khusus untuk kita.

* Kebenaran hakiki sulit dijangkau oleh akal sehat kita. Pelbagai filter pikiran kita menyebabkan kita hanya bisa memeroleh kebenaran subyektif.

Read more...
 

LIMA PRINSIP KEPEMIMPINAN ROHANI

Saturday, 17 March 2012 12:21 Daniel Ronda

 Oleh Daniel Ronda

Banyak gereja mengeluh kesulitan mendapatkan pemimpin untuk menjadi gembala di gereja mereka. Tamatan sarjana Alkitab atau Teologi banyak, tetapi mendapatkan pemimpin rohani sangat sulit. Tentu mencari akar penyebabnya tidak mudah. Namun banyak yang menunjuk “pabrik”nya yaitu sekolah teologi. Sekolah teologi atau seminari sering dijadikan sasaran atau kambing hitam atas kesulitan mendapatkan pemimpin rohani. Pada satu sisi mungkin saja benar di mana pembinaan di sekolah teologi hanya berfokus kepada persoalan intelektual belaka dan tidak melakukan pendidikan yang sungguh-sungguh mengikuti teladan yang Yesus berikan secara nyata. Masalahnya bagaimana menciptakan pemimpin rohani? Sekolah teologi bukan satu-satunya yang harus ditimpakan kesalahan. Namun semua fihak bertanggung jawab, dalam hal ini diri pribadi pemimpin orang itu, gereja di mana dia menjadi anggota dan mengutusnya, dan juga tentunya sekolah teologi. Bila pemimpin itu sendiri tidak mau dibentuk oleh Kristus dan Firman, maka sulit bagi kita untuk mendapatkan kualitas pemimpin rohani yang diharapkan. Gereja juga bertanggung jawab melakukan pembinaan dan melatih dalam melayani dan tidak memberikan rekomendasi bila calon ini masih diragukan komitmen pelayanannya. Dan akhirnya sekolah teologi bertanggung jawab membentuk calon pemimpin secara menyeluruh dan bukan hanya intelektualnya saja belajar tentang Tuhan.

Read more...
 

Mengembangkan Karakter Pemimpin Kristen

Sunday, 04 March 2012 16:03 Akmal

Oleh Daniel Ronda

Pendahuluan

Adalah hal yang mustahil memisahkan antara kepemimpinan Kristen dengan karakternya, antara kepemimpinan Kristen dengan kehidupan spiritualitasnya.  Ini adalah yang paling penting dan absolut bila hendak  menjadi pemimpin Kristen yang efektif.  Di dalam gereja, setiap pemimpin gereja yang potensial akan kena diskualifikasi bila tidak menunjukkan kehidupan kerohanian yang baik.  Itu sebabnya Yesus memberikan teladan dengan menjadi manusia, agar para pemimpin Kristen memiliki roh seorang hamba Tuhan yang dimampukan dan diperkaya oleh Roh Kudus.

Read more...
 

KAJIAN ATAS KEPEMIMPINAN MODEL GEMBALA

Sunday, 04 March 2012 15:53 Akmal

Oleh Daniel Ronda ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )

ABSTRAK

Kepemipinan gembala adalah suatu model kepemimpinan yang ditawarkan sebagai solusi masalah kepemimpinan Kristen saat ini. Ketika banyaknya tren kepemimpinan yang muncul saat ini tidak dapat memuaskan umat, maka teori kepemimpinan gembala telah mendapatkan kajian yang ekstensif dan ternyata juga telah diaplikasikan di dalam kepemimpinan sekuler yaitu dalam perusahaan-perusahaan di dunia.  Lebih dari itu, studi kepemimpinan gembala berbicara tentang prinsip kehambaan (servant leadership) di mana karakter pemimpin seperti kebaikan, ketulusan, kecakapan, serta kesetiaan telah menjadi prinsip yang sangat dibutuhkan dalam kepemimpinan yang mulai beralih kepada prinsip otoriter dan dilayani. Kajian ini menemukan dan menegaskan bahwa bila praktika kepemimpinan gembala ini dihayati maka dapat dipastikan akan terjadi sebuah kepemimpinan yang berhasil dan transformatif bagi gereja dan masyarakat.

Read more...
 

Events

mengundang

agenda

Statistik Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
Today: Jul 29, 2014

Twitter


Ads on: Special HTML

Alamat

Dr. Daniel Ronda
08124222711 / 0411-5744185
Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
Sulawesi Selatan Indonesia

Follow me on:

facebook-icon Facebook
twitter-icon Twitter
skype-icon Skype (danielronda67)

Disclaimer

Untuk penggunaan materi di website ini, mohon izin ke penulis via email dan sms HP